Posted on 07.12

Persoalan Saat UAS

Bulan ini banyak pelajar yang baru atau lagi dihadapkan dengan UAS. UAS yang gue maksud di sini ialah Ujian Akhir Sekolah atau Ujian Akhir Semester, bukan UAS anjing galak. Lucu nggak ?
Nggak cuma anak sekolahan aja sih sebenernya, anak kuliahan seperti gue pun demikian, ibarat dalam sebuah game kita bakalan ketemu boss terakhir untuk menuju ke tingkat yang selanjutnya.

Ngomongin masalah UAS, tentunya setiap menjelang UAS atau sedang menjalankan UAS semua pelajar pasti selalu mengalami persoalan-persoalan, yang pasti persoalan-persoalan tersebut persoalan yang berbau ngeselin gitu atau bikin galau gitu deh.

Apa aja tuh kira-kira? Nih cekidot!

Nggak Ngerti Harus Mulai Belajar Dari Mana
Memang ada beberapa guru yang sebelum UAS selalu ngasih tau muridnya tentang kisi-kisi soal UAS nanti dari bab yang mana aja, hal itu bertujuan agar (maha)siswa-siswi jadi lebih mudah membayangkan kira-kira apa saja soal yang bakalan keluar pas UAS nanti.

Tapi ada juga beberapa guru yang memang setiap mau ujian gak pernah ngasih tau kisi-kisinya apa aja, jadi pas besoknya udah UAS banyak siswa yang bingung belajar dari mana. Karena udah bingung, ya bawaanya jadi males buka buku, dan ujung-ujungnya jadi malas dan nggak belajar.


Pengawas
Tipe-tipe pengawas ujian memang banyak, ada yang kalem, cuek, dan kalau ngeliat murid yang lagi nyontek bukannya ditegur tapi didiemin bahkan ada yang sampe di ajarin, ada juga yang tipenya galak, seneng mondar-mandir, dan kalau ada yang bergerak dikit langsung noleh-noleh dan melototin.

Buat murid yang kedapetan pengawas baik sih biasanya kalau keluar kelas mukanya keliatan bahagia. Coba bagi yang dapet pengawas killer, pasti pas keluar kelas hal yang pertama kali diomongin itu bukan tingkat kesulitan soalnya, tapi pengawasnya.


Nanya Temen Tapi Temennya Pura-Pura Bego/gila
Kebanyakan orang saat ujian mengandalkan temannya untuk dapat melewati yang namanya ujian. Dan ketika dia kesultin dan akan menggunakan pilihan "call a friend"

Tapi terkadang temen yang ditanya dengan harapan bakalan ngasih jawaban tersebut pas dipanggil-panggil suka pura-pura nggak denger jawabn nya "hah? hah?" sambil mangap mangap, sekalinya denger dan nengok pun bilangnya, “Belom.”

Dan yang bikin keselnya lagi, beberapa saat setelah dia ngomong “belum” itu dia ngumpulin lembar jawaban ujiannya duluan. Grrr grrr grrr..

UAS-nya Kegampangan
Pernah nggak kalian saat ujian belajar udah yang sulit-sulit ternyata yang keluar itu mudah tapi kita lupa karena belajar yang sulit itu. Akan ada penyesalaan seumur hidup saat pertanyaan mudah tapi nggak terjawab.

Jadi yang namanya orang pintar/rajin kalau lagi musim ujian biasanya belajarnya suka pol-polan, suka sampe larut malam, malah ada juga yang sampe tiap hari bolak-balik tempat les mulu. Ya mereka begini biar nggak panik kalau seandainya soal-soal sulit di UAS mereka nanti bakalan keluar.

Nah bagi orang yang pintar/rajin bahkan bakal kecewa kalo dapet soal yang ke gampangan yang soalnya di luar harapan mereka
"yaelah, tau gini nggak usah belajar aja dari awaal semester.


Tempat Duduk Menentukan Prestasimu
Tempat duduk itu sangat berpengaruh buat para pelajar yang tidak rajin, bukan berarti mereka bodoh namun karena kurang belajar. Seperti halnya anak-anak di kelas gue, mereka berbondong-bondong datang lebih awal dari jadwal biasanya. Seperti halnya ada ujian jam 16.20 WIB. Mereka sudah ada di kelas jam 01,00 WIB. Hebat bukan ? Semua karena TEMPAT DUDUK !!! KALIAN LUAR BIASA...
Memang benar kenyataan nya kalo tempat duduk menentukan prestasimu.


Kalau kamu persoalan yang mana aja yang biasanya kamu alamin? Apa ada persoalan lain? Share dong ke gue lewat comment box.
Btw, lusa gue ada UAS, dadah muach muach haha. Read More

0 Responses to Persoalan Saat UAS

Posting Komentar